Pengumuman:

Selamat menjalankan ibadah puasa bro :D

Tuesday, July 1, 2014

Jenis-Jenis CD/DVD Blank a.k.a. kosong

CD/DVD kosong adalah hardware yang berfungsi sebagai media untuk menyimpan file dengan cara diburn/burning, sedangkan burning adalah proseas menyimpan file ke disc kalo di flashdisk istilahnya copying.

Kenapa disebut burn?? Burn kan artinya bakar?? Istilah burn diambil karena disana terjadi penulisan bit data di disk dengan sinar laser.

Kembali ke topik, ada beberapa jenis CD ama DVD yaitu “R”,”-R”,”+R”, dan “RW”. Pertama beda CD ama DVD yang paling jelas ada pada sizenya, kalo CD biasanya 750MB-an sedangkan DVD  4,5GB-an, didalam size yang beda menghasilkan harga yang beda “mens sana in corporesano”.

Tambahan “R”,”-R”,”+R”, dan “RW” memiliki arti sebagai berikut:

1.  “R”  huruf R berasal dari kata Recordable artinya dapat menyimpan data, R juga bisa diartikan dengan Read karna file yang sudah di burn disini hanya bisa di read atau dibuka 
2. “-R” artinya hanya bisa sekali burn atau disebut single session disk (tidak dapat menambakan data lain jika sudah digunakan meski ada free space di disk) 
3. “+R” artinya multi session disk, free space yang masih tersedia setelah burning dapat digunakan untuk burning lagi 
4.“RW” diambil dari  ReWritable yang artinya disk ini bisa digunakan berkali-kali, simpelnya dia kerja kaya flashdisk cuma bedanya ini pake burning.

Itulah jenis-jenis CD atau DVD  blank yang biasa digunakan untuk burning
Share it Please

Unknown

"Seorang pelajar berumur 16 tahun yang lahir pada tanggal 17 agustus 1997 dan sekarang duduk di tingkat SMA, Fans dari AS Roma sejak 2006."
Ditulis oleh: Ghalib Rifaldi D. Forza Roma Updated at : 7/01/2014 02:48:00 AM

0 comments :

Post a Comment

Copyright @ 2013 GR17 . Designed by Templateism | Love for The Globe Press